sejarah romeo dan juliet

mian jika reader kecewa karena aku muncul jika lagi ada mood dan modem gak ngadat.. semoga yang baca tidak kecewa..

 

Cinta pertama Romeo

Resensi ini aku tulis dari sebuah buku yang aku baca kemarin.

Kisah cinta romeo dan Juliet karya wiliam shakerspeare. Kisah ini adalah kisah nyata pasangan kekasih yang hidup dikota Verona Italy tahun 1303, kisah ini awalnya diceritakan dalam puisi sastrawan inggris, Artur Brooke yang berjudul The Tragical Historye of Romeus  and Juliet. Kisah ini memang sebuah Masterpiece yang telah menjadi legenda sepanjang masa sejak dulu hingga sekarang. Kisahnya telah menyebar keseluruh dunia dan tak pernah dilupakan. Wiliam shakerspeare berhasil menyajikan romansa cinta dengan nuansa klasik dan tragedi, romantis namun tragis.

Selama ini orang yang melihat kisah Romeo dan juliet, kebanyakan pasti hanya akan memparhatikan mereka berdua padahal ada salah satu tokoh yang diabaikan. Aku ingin menceritakan kisah cinta pertama Romeo. Mungkin semua pernah mendengar nama Rosaline dalam kisah cinta Romeo. Ya! Cinta pertama Romeo bukanlah Juliet tetapi dia adalah Rosaline.

Sebelum Romeo bertemu dengan Juliet, dia sanagt mencintai Rosaline. Dia menggambarkannya sengan sangat indah “semua yang melihat matahari, tak pernah melihat jodohnya sejak dunia dimulai”, namun Rosalin tetap memilih untuk diam. Romeopun mengatakan “She hath for worn to love and in that vow/ Do i live dead that live to tell it now”.

Dalam keadaan depresi Benvolio dan mercutio selaku sahabatnya memaksa romeo menyusup kepesta dansa yang diadakan oleh ayah juliet, dengan harapan dia bisa bertemu dengan Rosaline.  Mereka juga mengatakan “Rosaline akan terlihat seperti gagak jika disanding dengan wanita cantik lainnya”.

Meskipun ragu dan tidak percaya ucapan teman-temannya, Romeopun tetap menghadiri pesta dansa itu. Dan disana dia bukannya melanjutkan perasaan cintanya pada Rosaline tetapi malah jatuh cinta kepada Juliet tanpa sengaja. Dalam bayangan Rosaline berkata “Romeo, begitu dangkal cintamu”

Bukankah cinta abadi adalah cinta yang dibumbui oleh kematian! Meskipun jiwa itu mati tapi cinta itu akan abadi.

 

Ringkasan singkat kisah Romeo dan juliet:

Dikisahkan dari kota Verona Italy. Terdapat dua keluarga superpower yang saling bermusuhan sejak lama yaitu keluarga Montague dan keluarga capulet. Awalnya romeo yang berasal dari keluarga montague jatuh cinta pada Rosaline dari keluarga capulet.

Suatu hari tuan besar capulet ayah dari Juliet  mengadakan pesta besar dan mengundang semua rekan bisnis serta teman-temannya. Keluarga montague tentu saja tidak diundang namun Romeo nekat menghadiri pesta itu karena ingin bertemu dengan Rosaline. Dengan kecedasannya diapun sukses menyamar dan menyelinap kepesta tersebut.

Namun begitu sampai ditengah pesta, perhatian Romeo justru tertuju pada pesona Juliet bukannya Rosaline yang mulanya begitu dicintainya, Romeopun langsung jatuh hati. Ditengah masa mereka berdua saling menyukai satu sama lain, mereka harus menelan kekecewaan karena keluarga mereka saling bermusuhan.

Meski demikian sepasang remaja itu tidak ingin menyerah dengan permusuhan keluarga yang mereka hadapi, mereka berusaha menyatukan diri ditengah ancaman dan kekerasan dari keluarga masing-masing. Dengan bantuan teman Romeo yang bernama Pastor Lawrence mereka mampu menikah secara diam-diam. Sayangnya ditengah kebahagiaan itu seorang teman Romeo meninggal ditangan teman Juliet, Tlybalt. Romeo awalnya tidak menyimpan dendam pada keluarga capulet akhirnya membalas dendam dengan membunuh Tlybalt.

Kejadian itu tentu saja memperbesar permusuhan antara keluarga montague dengan Keluarga capulet. Ayah Juliet yang tidak mengetahui pernikahan putrinya memutuskan menikahkan Juliet dengan seorang pemuda bernama Paris. Cinta yang ditentang membuat Juliet putus asa, diapun berkonsultasi dan membuat rencana dengan Pastor Lawrence. Pastor Lawrence menyarankan agar Juliet pura-pura menyetujui pernikahan yang diatur ayahnya, namun ketika pagi menjelang dia harus meminum ramuan yang akan membuatnya tampak seperti sudah meninggal. Setelah itu dia akan dimasukkan ke dalam lemai besi penguburan Capulet, kemudian pastor akan menyuruh Romeo untuk datang meyelamatkan Juliet.

Ironisnya sebelum rencana ini sampai ditelinga Romeo, ia telah mengetahui berita kematian istrinya tersebut dari orang lain. Dengan hati hancur Romeopun pergi untuk melihat Juliet yang terakhir kalinya. Namun ketika sampai disana ia dihadang oleh Paris yang dengan sekejap Romeo membunuhnya, Tak ada yang bisa menghentikannya  untuk bersatu dengan Juliet. Disamping tubuh juliet ia menelan racun yang telah dibelinya lalu meninggal seketika. Namun beberapa waktu kemudian Juliet terbangun dengan sebuah harapan kosong. Dia justru melihat tubuh suaminya yang tak bernyawa lagi, merasa tak punya alasan untuk hidup lagi Juliet mengambil belati Romeo dan membunuh dirinya dengan benda tersebut.

About these ads

16 gagasan untuk “sejarah romeo dan juliet

  1. Youll get to have the best accommodation at an affordable price is foremost in the past years allowed vacationers to have the best attractions in Dubai.
    Thats because the Burj Al Arab translated as Arabian Tower.

    Like this

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s