Makanan Unik Khas Korean

Seperti negara asia lainnya, penduduk Korea ternyata juga sangat gemar makan kudapan alias makanan ringan. Berbeda dengan makanan ringan di Indonesia yang didominasi rasa manis dan bahan dari tepung beras atau tepung ketan, masyarakat Korea menggunakan bahan seperti tepung terigu dalam berbagai bentuk, sampai pupa ulat sutra.

Makanan unik ini dapat anda jumpai dengan mudah di berbagai pelosok Korea di tempat penjualan snack seperti ini yang disebut Pojangmacha. Jadi jika Anda ingin bertualang dengan makanan Korea, datangi aja tempat ini, dan pilih makanan yang sesuai selera Anda!

Beondegi

Beondegi

 

Pupa ulat sutra tumis. Makanan ini ternyata sangat populer di kalangan masyarakat Korea, terutama untuk menemani minuman keras, bahkan makanan ini tersedia dalam bentuk kalengan. Rasanya? seperti kacang goreng yang diisi dengan hati bebek!

Gimbap

Gimbap

 

 

 

 

Mirip seperti sushi, pada dasarnya Gimbap adalah nasi putih (bap) yang di gulung dalam rumput laut (gim), bersama dengan daging dan beberapa macam sayur dan disajikan dingin. Biasanya nasinya dihidangkan dengan dibumbui garam, wijen atau minyak parilla.

Hobbang

Hobbang

 

 

 

 

 

Semacam bapau, tapi bahannya dari tepung beras dan isinya adalah pasta kacang merah. Sebelum dimakan, hobbang dipanaskan dalam kukusan.

Hotteok

Hotteok

 

 

 

 

Semacam pancake isi yang biasa ditemui pada musim gugur. Segenggam adonan kaku dicampur dengan campuran gula aren, madu, kacang cincang, dan kayu manis, kemudian di’goreng’ di atas wajan dadar panas.

Tteokbokki

Tteokbokki

 

 

 

 

 

Makanan populer sederhana ini dibuat dengan cara merebus daging, sayuran, telur dan bumbu dalam air, seperti toge goreng kita. Sebelum dihidangkan, ditaburi dengan cacahan kacang ginkgo dan walnut

Oksusu cha

Oksusu-Cha

 

 

 

 

 

Arti harfiahnya adalah teh jagung, minuman ini dibuat dengan merebus biji jagung yang sudah dibakar, dan sama sekali tidak mengandung daun teh!. Biji jagung yang akan dipergunakan, dikeringkan dan dibakar sampai keemasan. Kemudian diseduh dengan air mendidih sampai airnya berubah agak kuning pucat. Kemudian larutan yang ada disaring, dan ditambahkan gula jika suka.

Roti Gyeongju

Roti Gyeongju

 

 

 

 

 

Banyak bakery terkenal berdiri di kota Gyeongju ini, dan salah satu tipe roti yang jadi populer adalah semacam pancake yang diisi dengan pasta kacang merah manis.

Bungeoppang

Bungeoppang

 

 

Adalah semacam kue yang dibentuk seperti ikan dan diisi dengan pasta kacang merah manis. Kue ini akan banyak dijumpai pada musim dingin. Tidak jauh berbeda dengan salah satu kue tradisional Jepang ya?

Eomuk

Eomuk

 

 

 

Adalah pasta daging ikan (semacam baso ikan) yang direbus dan biasanya ditemui degan mudah selama musim dingin. Biasanya dihidangkan dengan tusukan seperti sate sebelum direbus dalam kuah dan sebelum dimakan dicelup dulu dalam kecap. Di puncak musim dingin, biasanya eomuk malah disajikan dengan cara digoreng.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s