Mengapa kita bisa jatuh cinta?

Ini aku bersumber dari buku karangan hoeda manis yang aku ringkas intinya saja, special buat reader setiaku kapanpun dan dimanapun.

Cinta adalah latihan bebas untuk memilih. Dua orang saling mencintai hanya jika mereka cukup mampu hidup tanpa yang lain, tetapi memilih hidup bersama dengan yang lain.

Meskipun orang sering mengatakan bahwa cinta adalah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan, cinta tetap tak dapat lepas dari kaulitas hukum sebab akibat.
Tidak ada akibat tanpa sebab, mungkin orang mengatakan”AKU TAK TAU KENAPA AKU MENCINTAINYA” tapi yang jelas tetap ada alasan orang jatuh cinta kepada orang lain.
Jadi, mengapa?
Dalam diri setiap orang setidaknya terdapat 5 unsur yang membuat kita jatuh cinta pada orang lain.

Yang pertama, unsur emosi yang menimbulkan cinta berdasarkan perasaan bukan rasio. Ketika orang jatuh cinta karena faktor ini, cinta menjadi tidak masuk akal bagi orang lain, meskipun tetap menjadi masuk akal bagi yang merasakan.
Biasanya cinta jenis ini menghinggapi remaja cowok cewek yang masih belia.
Cinta jenis ini tidak membutuhkan jawaban atau pertanyaan “MENGAPA” karena emosi membuat orang melakukan sesuatu tanpa alasan.

Kedua, unsur naluri. Mencintai orang lain dengan dasar kebutuhan untuk melengkapi diri. Kebutuhan untuk melengkapi diri bisa berupa melengkapi kepribadian yang mungkin dianggap kurang, semisal cowo pemarah menginginkan cewe penyabar.
Unsur naluri bisa berperan pada cewek muda jatuh cinta pada cowok berumur lebih tua darinya, ini karena mungkin dia kehilangan sosok ayah dari kecil. Hal semacam ini juga bisa terjadi pada cowok yang jatuh cinta kepada cewek yang lebih tua dengan alasan tak jauh beda.

Ketiga, unsur watak. Hampir sama dengan unsur naluri tapi dengan perbedaan kecil yg esensiel.
Perhatikan fakta kecil berikut. Ada orang yang baru ketemu sekali dan belum saling kenal tapi merasakan tidak suka, berbeda dengan cinta pandangan pertama.
Mengapa hal itu bisa terjadi? Jika orang cinta pada pandangan pertama mungkin karena pesona fisik, benci pada pandangan pertama biasanya terjadi karena sifat.
Jadi unsur watak itu pula yang mendorong orang untuk jatuh cinta kepada orang yang sesuai dengan dirinya.

Keempat, unsur nafsu. Ada banyak yang jatuh cinta karna fisik semata. Dia mengagumi atau memuja keindahan fisik orang yang dicintai.
Tak perlu penjelasan lanjut karna semua pasti paham.

Kelima, unsur rasio adalah unsur yang membuat kita jatuh cinta karena pertimbangan tertentu. Biasanya terjadi pada cowok cewek yang sudah matang usianya.
Jadi, unsur ini tidak jatuh cinta secara sembarangan. Ada hal yang difikirkan sebelum menjatuhkan pilihan terhadap orang yang dicintai atau yang cintanya akan diterima.

Kelima unsur itulah yang menentukan bagaimana seseorang memilih pasangan. Kelima unsur itu saling melengkapi, tapi yang paling dominanlah yang biasanya menggerakan orang untuk jatuh cinta dan menjatuhkan pilihan. Ketika itu terjadi tentu saja menjadi relatif dan bersifat amat pribadi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s