[INFO KESEHATAN] hati-hati ketika sakit perut saat menstruasi

Mungkin beberapa wanita sering mengalami nyeri dan sakit perut ketika menstruasi. Banyak yang beranggapan itu hanya sakit perut biasa karena darah kotor keluar dari dinding-dinding rahim.
Banyak sekali orang yang sakit perut hingga lemas dan bahkan pingsan. Jika mengalami hal tersebut harus segera cek ke dokter karena bisa saja itu mengidap penyakit endrometriosis.
Endrometriosis itu sejenis radang yang terkait dengan hormon estradional atau hormon estrogen yang berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang diseratai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain.
Biasanya ini terjadi pada 10% sampai 15% wanita subur yang berusia 25 sampai 45 tahun.
25% sampai 50% pada wanita mandul dan juga bisa terjadi pada usia remaja.
Endrometriosis yang berat bisa menyebabkan kemandulan karena menghalangi jalannya sel telur dari ovarium ke rahim.
Oleh karena itu perawatan paling umum bagi penderita ini adalah penggunaan terapi hormonal yang menginduksi kondisi hipoestrogenik. Biasanya endrometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut.
Endrometrium yang salah tempat biasanya melekat pada ovarium dan ligamen. Endrometrium juga kadang menempel pada lapisan usus halus dan usus besar serta pada saluran yang menghubungkan ginja dengan kandung kemih. Jaringan yang melekat tersebut bisa menyebabkan pembengkakan perut sehingga nyeri ketika buang air dan pendarahan rektrum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih. Jaringan yang melekat pada ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah (endometrioma). Kadang endometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul.
Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat-obatan tetapi itu tidak maksimal namun ada cara lain yaitu menikah bagi yang belum menikah, karena setelah melakukan hubungan suami istri perlahan-lahan pembuluh darah yang terhambat akan keluar.

Semoga sedikit info berdasarkan penelitian dan tanya jawab kepada dokter ini dapat berguna untuk yang membacanya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s