[curhatanku] kejujuran

Kejujuran

Jujur :
Berkata atau memberi suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran. Kejujuran biasanya dinilai dari ketepatan pengakuan atau apa yang dibicarakan seseorang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran yang terjadi.

Kenapa harus jujur?!
Kita pasti sering mendengar orangtua menasehati anaknya supaya menjadi orang yang jujur. Dalam mendidik dan memotivasi anak supaya menjadi orang jujur mereka sering mengtakan menjadi orang jujur itu sangat baik dan dipercaya orang lain dan bahkan sering dikatakan bahwa orang jujur akan disayang dan dikasihi oleh Tuhan.

Kejujuran adalah hal yang sangat baik dan positif, terkadang saya mendapat jawaban dari sahabat-sahabat bahwa…
“Menjadi orang itu harus jujur”

Sikap jujur
Apa kita sama sekali tidak boleh berbohong?! Dan mungkinkah kita dapat selalu jujur dalam kehidupan sehari-hari. Atau masih adakah toleransi untuk berbohong dalam hal tertentu?!
(tanyakan pada diri anda sendiri. Karena hanya anda yang mampu menjawabnya)
Yaa Allah betapa mahalnya arti sebuah kejujuran. Dari kejujuran inilah muncul simpati dan kenyataan. Coba kita bayangkan jika kehidupan kita yang dilandasi kejujuran! Tidak akan ada lagi rasa curiga, yang akan ada adalah kepercayaan setiap orang pada orang lain.

Kembangkan sikap jujur
Kejujuran tidak mengenal tingkatan dan bersifat mutlak. Kita hanya bisa jujur atau tidak jujur, dan kejujuran itu tidak bisa dibeli. Kejujuran juga merupakan perilaku manusia yang palin efisien. Orang jujur tidak pernah cemas tentang dusta yang pernah dikatakan orang lain, tak pernah takut tertangkap basah karena mereka bisa memfokuskan semua energinya untuk hal-hal yang lebih produktif.
Jadikan kejujuran menjadi kebiasaan dalam menangani sesuatu yang bisa dipercaya. Jangan katakan apapun! Ingat! Dusta kecil dimulai dengan cara yang cukup tidak bersalah tapi dia akan segera tumbuh dengan sendirinya. Dusta kecil perlu dusta yang lebih besar untuk menutupinya.

Gaya hidup jujur
Apa perbuatan yang mudah tapi sulit dilakukan?! Salah satunya adalah jujur. Bahkan untuk diri sendiripun terkadang sulit untuk jujur. Kata orang-orang didunia ini orang yang paling berbahaya adalah orang munafik yang salah satu cirinya adalah berkata dan berbuat tidak jujur.
Tidak ada kata terlambat untuk bertobat. Setiap orang pasti pernah khilaf dan tergelincir. Tidak ada salahnya mengakui perbuatan tidak jujur yang pernah kita lakukan, itu akan menunjukkan tingkat kebesaran jiwa kita.
Percayalah! Pengakuan itu tidak akan menghancurkan reputasi anda, asalkan jangan mencari alasan dan menyalahkan orang lain untuk ketidak jujuran anda.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s